Manfat air untuk meringankan nyeri sendi

23 May 2017

Manfat air untuk meringankan nyeri sendi - Nyeri sendi bisa menjadi pengalaman yang sangat melemahkan dan menyusahkan, diselingi oleh rasa sakit, ketidaknyamanan dan mobilitas terbatas. Apakah Anda telah menderita kondisi autoimun seperti rheumatoid arthritis atau mengalami cedera, kemungkinan besar Anda telah memberi resep berbagai obat nyeri dari dokter Anda, yang mungkin atau mungkin tidak menghilangkan gejala Anda.

Manfat air untuk meringankan nyeri sendi

Sebagian besar dari kita mungkin menyadari manfaat keseluruhan dari air minum - ini mencegah infeksi ginjal, menjaga agar sel kulit kita tetap kuat, mendukung sistem kekebalan tubuh kita dan pada umumnya membuat semuanya tetap berdetak. Rata-rata, kita harus minum sekitar 8-10 gelas air putih sehari, tergantung jenis kelamin dan gaya hidup kita. Apa yang mungkin tidak kita ketahui tentang bagaimana air secara langsung dapat mempengaruhi kepekaan kita terhadap nyeri sendi.

Baca juga : Obat nyeri sendi paling ampuh

Untuk memahami hal ini pertama-tama kita harus memahami fungsi tulang rawan. Kartilago adalah jaringan ikat yang melapisi permukaan sendi dan berfungsi sebagai bantalan di antara tulang, menyerap kejutan dan mengurangi gesekan. Tulang rawan disimpan dilumasi oleh cairan seperti gel yang dikenal sebagai cairan sinovial, yang dibentuk oleh ikatan glikosaminoglikan dengan senyawa belerang.

Rasa sakit sendi biasanya terjadi saat tulang rawan telah melemah atau rusak, yang kemudian menyebabkan gejala khas seperti radang, nyeri dan kekakuan. Karena sekitar 60% tulang rawan sendi dibuat dari air, sangat penting untuk menjaga agar terhidrasi selama periode kerusakan sendi, jika tidak, produksi cairan sinovial akan berkurang dan kami meningkatkan risiko gesekan nyeri dan kerusakan tulang rawan.

Bagaimana air bisa mengurangi nyeri sendi?
Sekarang kita memiliki pemahaman tentang kebutuhan air untuk menjaga persendian yang dilumasi, perlu memeriksa bagaimana air dapat bekerja untuk mengurangi jenis nyeri sendi tertentu, mulai dari osteoarthritis sampai asam urat.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa hanya dengan minum lebih banyak cairan akan menyebabkan semua gejala Anda berkurang, namun hampir pasti membantu memperbaiki kesehatan sendi Anda dan mungkin bekerja untuk mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan.

  • Rheumatoid arthritis: Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh mulai menyerang jaringan di sekitar persendian. Kondisi ini biasanya bersifat episodik, ditandai dengan flare-up dan periode nyeri dimana gejala berkurang. Biasanya muncul di sendi yang lebih kecil seperti jari tangan atau kaki, dan dapat diperburuk dengan dehidrasi. Beberapa gejala rheumatoid arthritis tertentu, seperti diare atau muntah, dapat membuatnya lebih cenderung untuk dikeringkan dan bahkan beberapa obat yang diresepkan oleh dokter dapat menghambat air untuk mencapai persendian atau, seperti aspirin, bahkan dapat membingungkan kemampuan kita untuk merasakan haus. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bahwa kita terus minum air karena dapat merangsang produksi cairan sinovial kita, mengurangi peradangan di sekitar sendi dan mendorong pertumbuhan sel baru di jaringan tulang rawan. Air juga bisa meringankan gejala rheumatoid yang tidak menyenangkan lainnya seperti sembelit atau pusing
  • Osteoarthritis: Inilah yang akan kita sebut sebagai arthritis ‘keausan’. Salah satu penyebab paling umum dari nyeri sendi, osteoartritis, tidak seperti rheumatoid arthritis, biasanya muncul di sendi pinggul dan lutut yang lebih besar sehingga menjadikannya salah satu kondisi sendi yang lebih melemahkan. Osteoarthritis biasanya terjadi karena tulang rawan di persendian menjadi aus atau cacat. Tidak ada alasan pasti untuk kondisinya, namun kemungkinan mempertahankannya dapat ditingkatkan oleh gen, usia dan kebiasaan gaya hidup kita seperti obesitas. Dalam kasus ini, penderitanya sering disarankan untuk berolahraga dan menurunkan berat badan agar meredakan tekanan dari sendi dan mengurangi gesekan. Minum banyak air dapat membantu proses penurunan berat badan ini dengan meningkatkan sirkulasi darah selama latihan, dan membantu mengilhami pembentukan sel jaringan kuat di area yang terkena tulang rawan.
  • Asam urat: Asam urat biasanya dipicu oleh kadar asam urat dalam aliran darah. Bila tubuh tidak mampu mengeluarkan asam ini, ia bisa mengkristal di sekitar sendi, melemahkan jaringan ikat. Masuknya asam urat ini biasanya disebabkan oleh makanan yang kaya akan purin yang ditemukan pada makanan tertentu seperti daging, ikan dan beberapa minuman beralkohol. Jika ada terlalu banyak asam ini yang ada di tubuh kita, maka itu tidak akan larut ke dalam aliran darah kita dan akan berjuang melewati ginjal kita. Dehidrasi dapat memperburuk proses ini dengan lebih jauh mengganggu fungsi ginjal kita dan kemampuan mereka untuk mengeluarkan asam urat, yang dapat merangsang episode asam urat. Survei online yang dilakukan oleh Boston Medical School menemukan bahwa peningkatan konsumsi air mengurangi serangan gout sebesar 48% 2


TAGS rematik


-

Author

Follow Me